Hukum

Saipul Jamil divonis 3 tahun penjara dan denda Rp100 juta

2.5K
DILIHAT
/
0
SHARE
/
19:05
31 JUL 2017
Saipul Jamil
Reporter
Ahmad Alfi Dimyati
Sumber
Rimanews

Rimanews - Majelis Hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta menjatuhkan vonis 3 tahun penjara kepada Saipul Jamil lantaran terbukti secara bersama-sama menyuap panitera pengganti Pengadilan Negeri Jakarta Utara, Rohadi.

Selain itu, pria yang akrab disapa Bang Ipul juga diwajibkan membayar denda Rp100 juta subsider 3 bulan kurungan.

"Terdakwa telah terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan korupsi secara bersama-sama," kata Ketua Majelis Hakim Baslin Sinaga saat membacakan putusan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta, Senin (31/07/2017)

Bang Ipul dinyatakan terbukti melakukan suap panitera PN Jakut Rohadi sebesar Rp250 juta secara bersama-sama dengan kakaknya, Samsul Hidayatullah, dan dua pengacaranya, Berthanatalia dan Kasman Sangaji. 

Menurut hakim, pemberian uang tersebut bertujuan untuk meringankan vonis perkara percabulannya yang saat itu diproses di PN Jakut.

Terungkap pula bahwa Bang Ipul menyetujui pemberian uang sebesar Rp565 juta "mengurus" perkaranya.

Menanggapi putusan tersebut, Bang Ipul mengaku akan berpikir terlebih dahulu selama sepekan sebelum memutuskan akan mengajukan banding atau tidak.

Senada dengan Bang Ipul, jaksa pun mengaku akan berpikir terlebih dahulu sebelum memutuskan apakah akan menerima atau menolak putusan hakim.

Vonis ini lebih ringan dari tuntutan jaksa KPK yang meminta Bang Ipul dihukum 4 tahun penjara dan denda Rp100 juta subsider 6 bulan kurungan.

KATA KUNCI : , , , ,
Terbaru
Hukum