Peristiwa

Gubernur NTB tetapkan tanggap darurat banjir Bima tiga hari

2K
DILIHAT
/
0
SHARE
/
22:20
22 DES 2016
Dok. banjir di Bima
Editor
Sumber
Antara

Rimanews - Gubernur Nusa Tenggara Barat TGH M Zainul Majdi menetapkan masa tanggap darurat banjir Kota Bima dan Kabupaten Bima selama tiga hari.

"Berdasarkan hasil rapat dengan gubernur penanganan pascabencana," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi NTB H Muhammad Rum di Mataram, hari ini, seperti dikutip Antara.

Banjir bandang menerjang ribuan rumah di Bima, sejak dini hari kemarin dengan ketinggian air mencapai satu hingga dua meter. Banjir juga melumpuhkan jaringan telekomunikasi dan saluran listrik dan air bersih.

"Sejauh ini belum ada laporan korban jiwa. Yang paling utama menghilangkan trauma warga yang tertimpa musibah banjir," imbuhnya. 

Ia menjelaskan, dalam instruksinya, gubernur meminta semua pihak untuk fokus terhadap kesehatan jiwa yang menjadi korban banjir. 

"Saat ini seluruh lapisan masyarakat, bersama pemerintah, TNI/Polri, Basarnas dan relawan sibuk membersihkan lumpur bekas banjir.". 

Menurut dia, kondisi kota Bima saat ini dalam keadaan lumpuh total meski banjir sudah berangsur-angsur surut. "Secara umum kota Bima Lumpuh total. Perkantoran, sekolah dan perdagangan tidak bisa berjalan," kata Muhammad Rum.

KATA KUNCI : , ,
Terbaru
Peristiwa