Peristiwa

Mensos: bansos bisa diambil di ATM bank BUMN

1.5K
DILIHAT
/
0
SHARE
/
21:54
14 FEB 2017
Dok. Mensos Khofifah Indar Parawansa di Bali. Foto: Humas Kemensos
Reporter
Dede Suryana
Sumber
Rimanews

Rimanews - Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa mengatakan pencairan bantuan nontunai saat ini semakin mudah, karena bisa dilakukan di seluruh mesin ATM bank milik negara. 

"Ibu-ibu coba cek Kartu Keluarga Sejahtera masing-masing. Di situ tertulis Bank BTN artinya kartu tersebut dikeluarkan Bank BTN. Tapi untuk tarik tunainya tidak harus ke ATM bank tersebut. Ibu juga bisa ke ATM Mandiri, BNI, BRI," kata Mensos di Denpasar Bali, hari ini.

Bantuan sosial di provinsi Bali tahun 2017 terdiri dari, bantuan lanjut usia untuk 1.081 jiwa senilai total Rp 2,16 miliar, bantuan sosial disabilitas untuk 800 jiwa dengan total bantuan sebesar Rp 2,4 miliar, bantuan beras sejahtera untuk 137.433 keluarga, total bantuan Rp 188 miliar.

Sementara untuk Kota Denpasar pada tahun 2017 mendapat bantuan sosial sebesar Rp 11,4 miliar dengan rincian bantuan PKH untuk 3.114 keluarga, total bantuan Rp 5,8 milar, bantuan sosial lanjut usia untuk 49 jiwa senilai total Rp 98 juta, bantuan sosial disabilitas untuk 41 jiwa senilai total Rp 123 juta, bantuan beras sejahtera untuk 3.851 keluarga senilai total Rp 5,2 miliar, bantuan hibah dalam negeri untuk 350 keluarga senilai total Rp 78 juta


Khofifah menjelaskan, interkoneksi antarbank penyalur bansos nontunai untuk pertama kali ini terwujud berkat dukungan Bank Indonesia dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

"Dengan adanya interkoneksi antar bank maka akses lebih mudah dan luas bagi keluarga penerima manfaat PKH di manapun," katanya.  

Dirjen Perlindungan dan Jaminan Sosial Kemensos Harry Hikmat mengungkapkan, selama ini banyak kalangan yang menunggu terwujudnya interkoneksi himpunan bank milik negara atau Himbara. 

Saat ini, kata dia, dengan kemajuan teknologi yang dicapai oleh bank Himbara, sistem yang dibangun juga memungkinkan sistem locking atau mengunci bansos dan membuka pencairannya sesuai jadwal yang ditetapkan sehingga bansos nontunai lewat KKS bisa tepat jumlah, sasaran dan waktu.

"Penerima PKH akan menerima bansos satu tahun sekaligus di awal tahun. Namun tidak serta merta semuanya boleh diambil, karena pencairannya bertahap 4 kali cair," katanya. 

Terbaru
Peristiwa