Peristiwa

Kapal BBM terbakar, Pertamina percepat pengiriman ke Karimunjawa

2.6K
DILIHAT
/
0
SHARE
/
17:50
01 APR 2017
Dok. Pertamina.
Editor
Abdullatif Assalam
Sumber
Antara

Rimanews - PT Pertamina Marketing Operation Region IV Jawa Tengah dan DIY berupaya mempercepat pengiriman bahan bakar minyak (BBM) ke Karimunjawa menyusul terbakarnya kapal pengangkut bahan bakar khusus (BBK) dan BBM Pertamina.

"Pada kejadian terbakarnya kapal pengangkut di Pelabuhan Umum Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) di Kabupaten Jepara pada tanggal 31 Maret tersebut, seluruh drum isi BBK dan BBM berhasil diselamatkan," kata Area Manager Communication Relation PT Pertamina Jawa Bagian Tengah Andar Titi Lestari di Semarang, hari ini, dikutip dari Antaranews.

Dia mengatakan, drum yang hendak dikirim berisi pertalite sebanyak 8 kiloliter dan 16 kl biosolar. Tidak ada korban jiwa dalam kebakaran tersebut.

"Kalau untuk penyebab kebakaran hingga saat ini sedang dalam tahap investigasi kepolisian," katanya.

Untuk memastikan ketersediaan BBM di Karimunjawa, dia mengatakan, Pertamina melakukan percepatan dengan menyewa kapal khusus membawa BBK dan BBM sebanyak 64 kl. 

"Untuk memastikan ketersediaan BBM dan BBK di Karimunjawa, Pertamina menambah dengan 32 kl pertalite dan 32 kl biosolar. Mengenai pengiriman, dipastikan hari ini sudah bisa terkirim," katanya.

Dia mengatakan, percepatan pengiriman dilakukan mengingat Kepulauan Karimunjawa memiliki SPBU yang termasuk dalam 150 SPBU Kompak Program Pemerintah Pusat Indonesia Satu Harga.

Andar mengatakan, SPBU tersebut juga telah dilaporkan resmi kepada pemerintah melalui Kementerian ESDM, sehingga keberadaannya menjadi perhatian pemerintah.

"Untuk itulah pasokan BBK dan BBM ke Karimun Jawa menjadi perhatian kami bersama Permerintah Provinsi Jateng dan Pemerintah Kabupaten Jepara," katanya.

Terbaru
Peristiwa