Peristiwa

Pemprov Jabar segera perbaiki jembatan patah di jalur Jonggol

5.2K
DILIHAT
/
0
SHARE
/
15:10
15 APR 2017
Dok. Jembatan di Jalan Raya Jonggol (Foto: Istimewa)
Editor
Dede Suryana
Sumber
Antara

Rimanews - Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan menginstruksikan jajaran Binamarga Provinsi untuk secepatnya mengecek dan memperbaiki patahnya Jembatan Cipamingkis, di Jalan Raya Jonggol, kabubaten Bogor. 

"Saya instruksikan aksi cepat tanggap, untuk pemeriksaan awal kondisi di lokasi serta merekomendasikan tindakan yang diperlukan," kata Aher, kemarin.

Pilar jembatan Cipamingkis dilaporkan terjadi penurunan akibat fondasi tiang penyangga terkikis banjir. Karena kerusakan ini, arus lalu lintas yang melewati daerah ini dialihkan ke jalan lain. Jembatan yang berada km 70.400 Jembatan Jalan Raya Jonggol-Cariu Kampung Jagaita RT03/02 ini kerap dijadikan jalur alternatif menuju Cianjur.

Arus lalu lintas dari arah Cileungsi dialihkan ke Cikarang dan dari arah Cariu dialihkan ke Loji Karawang, Jalur alternatif ke Cipanas Taman Bunga, diarahkan masuk dari Pasar Citeureup – Leuwi, Bilik – Sukamakmur – Sukawangi hingga ke Taman Bunga Cipanas.

Untuk rencana penanganan, Aher mengaku masih menunggu rekomendasi yang disampaikan tim lapangan. "Penanganan hampir sama dengan Jembatan Cisomang, ada tindakan untuk penguatan pilar atau membangun pilar baru, sembari mobil kecil bisa melewatinya," kata Aher.

"Ada juga usulan membangun jembatan sementara "bailey", namun tentu akan kita kaji lebih lanjut, pokoknya saya minta ditangani segera," katanya.

Kadis Binamarga dan Tataruang Provinsi Jawa Barat Guntoro mengatakan menurut laporan dari lapangan, kondisi jembatan sekarang mengalami penurunan 1.5 meter. Jembatan yang dibangun pada tahun 1985 ini memiliki bentang jembatan seluas 30 m x 3 m sama dengan 90m dengan konstruksi girder beton.

"Jembatan sudah 32 tahun, bentang jembatan pun cukup panjang yaitu 30 meter, di luar itu ada kekuatan air cukup deras mendesak pilar," kata dia.

KATA KUNCI : , , ,
Terbaru
Peristiwa