Peristiwa

Jelang Lebaran, jalanan Jakarta mulai lengang

8.8K
DILIHAT
/
0
SHARE
/
17:08
23 JUN 2017
Dok. Jalanan Jakarta lengang.
Editor
Abdullatif Assalam
Sumber
Antara

Rimanews - Jakarta tak lagi sesumpek biasanya. Setiap tahun menjelang Lebaran, puluhan bahkan ratusan ribu orang pergi menuju kampung halaman untuk berkumpul bersama keluarga di hari raya, menjadikan ibu kota layak ditinggali untuk sementara waktu, setidaknya sampai para pemudik kembali.

Jalan-jalan protokol seperti MH Thamrin dan Sudirman mulai lengang. Tak tampak lagi tumpukan kendaraan yang saling serobot. Sahut-menyahut bunyi klakson yang memekakkan telinga juga tidak terdengar lagi. Pengendara dapat memacu kendaraannya dengan cepat sehingga waktu tempuh dari satu tempat ke tempat lain pun menjadi lebih singkat.

Sepinya kendaraan di jalan protokol ini dikarenakan banyak warga yang mudik, baik menggunakan kendaraan pribadi maupun angkutan umum seperti bus, kereta api, kapal laut maupun pesawat.

Kendaraan padati tol Jakarta-Cikampek

Operator Jalan Tol Jakarta-Cikampek mencatat, jumlah kendaraan dari Jakarta yang melintas ke arah pantai utara (Pantura) dan Bandung, Jawa Barat, mencapai 58.286 unit pada H-3 Lebaran, hingga Kamis sore, meningkat 24 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Menurut Humas Jasa Marga Jakarta-Cikampek, dikutip dari Antaranews, jumlah kendaraan yang melintas pada H-3 Lebaran tahun lalu berjumlah 46.856 unit.

Polri memperkirakan, puncak arus mudik Lebaran tahun ini terjadi pada Kamis malam hingga Jumat malam nanti. Dan, Jasa Marga mengatakan, jumlah kendaraan saat puncak arus mudik di tol Jakarta-Cikampek diperkirakan mencapai sekitar 120 ribu unit.

Jasa Marga mengimbau kepada warga yang ingin mudik ke wilayah Jawa dan sekitarnya memperhitungkan baik-baik waktu keberangkatan agar terhindar dari kemacetan.

Mudik dengan angkutan umum

Sementara sebanyak 61.248 pemudik telah diberangkatkan dari Terminal Bus Kalideres, Jakarta Barat, menuju berbagai daerah di Pulau Jawa dan Sumatera menggunakan 2.948 unit bus sejak H-10 hingga H-4 Lebaran, kata Kepala Terminal Kampung Rambutan Emiral August.

Menurut dia, jumlah tersebut meningkat hampir dua kali lipat dari tahun lalu sekitar 38.079 pemudik. Dia memperkirakan puncak arus mudik akan terjadi Jumat hari ini.

Di Terminal Pulo Gebang, 36.862 pemudik sudah berangkat ke kampung halaman masing-masing sejak H-10 hingga H-4 menggunakan 1.167 unit bus. Kepala Terminal Terpadu Pulo Gebang Ismanto mengatakan, jumlah terbanyak terjadi pada H-4 dengan 9.252 penumpang.

Sementara warga yang mudik menggunakan kereta dari Stasiun Pasar Senen pada Kamis berjumlah 26.739 orang, tidak jauh berbeda dengan dua hari sebelumnya dengan masing-masing 26.766 dan 26.149 penumpang. Di Gambir, ada 15 ribu sampai 16 ribu penumpang setiap harinya sejak H-9 Lebaran.

Dan, pemudik yang meninggalkan pulau Jawa ke Sumatera menggunakan Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry Cabang Merak pada H-3 Lebaran mencapai 84.239 orang dengan 34 kapal Ro-Ro. Penumpang pejalan kaki berjumlah 14.520 orang dan penumpang di atas kendaraan 70.719 orang. Kendaraan roda empat yang menyeberang sebanyak 9.945 unit, roda dua 5.467 unit dan 1.173 unit truk serta 448 bus.

KATA KUNCI : , , , ,
Terbaru
Peristiwa