Politik

Imigrasi pulangkan 7.787 WNA ilegal

3K
DILIHAT
/
0
SHARE
/
14:59
24 DES 2016
Dirjen Imigrasi Ronny F Sompie. Foto: Antara
Reporter
Andika Dwi Annur
Sumber
ABC

Rimanews - Dirjen Imigrasi Kemenkumham Ronny F Sompie mengatakan pihaknya telah telah berupaya melakukan penindakan terhadap warga negara asing ilegal, termasuk warga negara Cina yang memanfaatkan bebas visa untuk bekerja di Indonesia. 

"Jangan sampai mengambil jatah tenaga kerja di wilayah negara kita. Imigrasi melalui pejabat imigrasi di semua counter, baik di bandara, pelabuhan, telah berupaya menyortir. Kita melakukan pemeriksaan pengawasan dengan menggunakan itu. Siapa saja orang asing yang harus ditangkal dan harus ditolak ke Indonesia," katanya Ronny di Jakarta, hari ini.

Ronny mengungkapkan, secara keseluruhan ada 7.787 warga negara asing yang telah dideportasi ke negara asalnya per 1 Januari hingga 18 Desember 2016. Mereka di antaranya, sebanyak 1.837 WNA yang berasal dari RRC.

"Kita sudah memproses 329 orang yang diputus karena sejak Januari ada yang masih berproses di pengadilan. Dari 329 berkas perkara itu ada ada 126 orang asal warga negara Cina," kata Ronny.

Sementara itu, total jumlah izin tinggal terbatas yang diberikan sebagai dasar orang asing bisa bekerja di Indonesia, kata Ronny,   sebanyak 160.865 orang sepanjang tahun 2016. Sebanyak 31 ribu orang  di antaranya berasal dari Cina.

"Ini izin tinggal terbatas ini gabung semua bukan cuma tenaga kerja. Sedangkan untuk yang khusus bisa bekerja Ini jumlahnya 27.254 orang ini jumlah izin yang pernah kita berikan terbatas mulai dari Januari," ujarnya.

Dia menjelaskan, izin yang akan diberikan tergantung dari maksud dan tujuan yang disampaikan oleh warga negara asing bersangkutan.  Sebab, izin tinggal terbatas dikeluarkan setelah ada izin mempekerjakan tenaga alih oleh sponsor yang diberikan oleh kementerian tenaga kerja.

"Karena itu dasar-dasarnya bila sudah inkrah baru imigrasi bisa melakukan subjektivitas izin tinggal terbatas," tutupnya.

Terbaru
Politik