Politik

Ahok janji buatkan sertifikat lahan makam Mbah Priuk

2.1K
DILIHAT
/
0
SHARE
/
18:48
14 FEB 2017
Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahja Purnama (Ahok). Foto: Antara
Reporter
Oki
Sumber
Rimanews

Rimanews - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok akan langsung membuatkan sertifikat lahan seluas 5,4 hektare di lokasi makam Habib Hasan bin Muhammad al Haddad alias Mbah Priok, di Koja, Jakarta Utara.

"Semua yang di dalam tembok (Pelindo) ini adalah milik makam Mbah Priuk. Ini sudah jelas sekarang tinggal disertifikatkan, makanya saya bawa BPN ke sini," ujar Ahok saat mengunjungi makam Mbah Priuk, hari ini.

Ahok menepati janjinya untuk berkunjung ke makan Mbak Priok setelah aktif kembali sebagai gubernur DKI. Tujuan dari kunjungan ini antara lain untuk mencari solusi sengketa makam Mbah Priok dengan PT. Pelindo yang menjadi penyebab peristiwa berdarah Koja pada April 2010 silam. 

Dalam kunjungannya ke Koja, sore ini, Ahok tidak sendiri. Dia memboyong Kepala Kantor Wilayah BPN DKI Jakarta M. Najib, Direktur Pelindo II (IPC) Riri Syried, Kepala Dinas Pariwisata dan Budaya DKI Catur Laswanto, Kepala Dinas Perhubungan DKI Andri Yansyah, dan beberapa pejabat lainnya.

Di depan ratusan jamaah Gubah Al Hadad dan Habib Sting Alaydrus sebagai ahli waris Habib Hasan, Ahok menyebutkan bahwa Riri mewakili Pelindo II sangat baik hati karena sepakat untuk mengakhiri sengketa lahan dengan pengurus makam.

Setelah disertifikasi, dia menyebutkan secepatnya akan langsung ditangani Dinas Pariwisata dan Budaya (Disparbud) DKI unruk dijadikan cagar budaya. Dengan status tersebut, Ahok memastikan tidak akan ada lagi pihak yang menganggu gugat keberadaan makam.

"Supaya sampai kita meninggal pun tetap ada, sampai kapan pun makam ini tetap ada," ungkap Ahok.

Catur Laswanto, Kadisparbud DKI menyatakan, mulai hari Kamis besok dirinya langsung mulai bekerja. Paling tidak akan memulai menyusun rencana pembangunan Masjid di lokasi makam lengkap dengan lokasi kulinernya."Kita akan selesaikan dalam waktu yang tak akan lama," ujar dia.

KATA KUNCI : , , , ,
Terbaru
25 Juli 2017 | 15:02
Impian Yusril untuk PBB di 2019
22 Juli 2017 | 06:01
Golkar panen tersangka korupsi
Politik