Politik

DPR uji calon komisioner KPU pekan depan

1.7K
DILIHAT
/
0
SHARE
/
20:27
30 MAR 2017
Dok. Kantor KPU di Jakarta Pusat
Reporter
Zul Sikumbang
Sumber
Rimanews

Rimanews - Komisi II DPR akan menggelar uji kepatutan dan kelayakan calon Komisioner KPU dan Bawaslu pekan depa, mulai 3-5 April.

"Dalam rapat Komisi II, diputuskan bahwa akan dilakukan pemilihan semua calon, sebagian atau menolak seluruh calon. Tanggal 6 April akan dibawa ke rapat paripurna DPR RI," kata Anggota Komisi II DPR Yandri Susanto di Gedung DPR RI, Jakarta, hari ini.

Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2011 tentang Penyelenggaraan Pemilu menyatakan, masa jabatan anggota komisioner KPU dan Bawaslu yakni lima  tahun terhitung sejak pengucapan sumpah dan janji. Masa jabatan anggota komisioner KPU dan Bawaslu 2012-2017 akan berakhir pada 12 April 2017. Pemerintah melalui tim seleksi calon anggota KPU dan Bawaslu telah mengirimkan sebanyak 14 nama calon komisioner KPU dan 10 calon komisioner Bawaslu. Uji kepatutan dan kelayakan tersebut dilakukan untuk memilih tujuh komisioner KPU dan lima komisioner Bawaslu.

"Kalau layak kita pilih, kalau tidak layak, jangan dipilih karena beban berat 2019 mendatang," kata Yandri.

Berkaitan dengan wacana calon komisioner KPU dari partai politik, Yandri mengatakan, hal tersebut merupakan hal yang wajar. Katanya, di negara seperti Jerman dan Meksiko, seluruh anggota KPU berasal dari partai politik.

"Dari parpol tak semuanya jelek, toh dari non parpol juga ada yang jelek, ada yang dipenjara. Cuma ini kan LSM yang tidak suka dan mesti diluruskan," kata Yandri.

KATA KUNCI : , , ,
Terbaru
25 Juli 2017 | 15:02
Impian Yusril untuk PBB di 2019
22 Juli 2017 | 06:01
Golkar panen tersangka korupsi
Politik