Politik

Minta Rp5 miliar, Wiranto dituding proyekkan pembubaran ormas anti-Pancasila

7.5K
DILIHAT
/
0
SHARE
/
14:01
09 JUN 2017
Reporter
Zul Sikumbang
Sumber
Rimanews

Rimanews - Wakil Ketua MPR RI, Hidayat Nur Wahid menilai permintaan anggaran senilai Rp 5 miliar oleh Menkopolhukam Wiranto untuk membubarkan ormas anti-Pancasila tak lebih dari sebuah proyek.

“Menurut saya agak aneh ya, kalau gini kan kesannya kayak ada proyek untuk pembubaran, dan kemudian karenanya ada produk baru kemudian dibutuhkan anggaran,” kata Hidayat di Gedung DPR RI, Jakarta, Jumat (09/06/2017).

Kata Hidayat, pembubaran ormas anti-Pancasila sudah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kegiatan Kemenkopolhukam /kementerian terkait. 

“Selama ini pemerintah tidak melakukan peran pembinaan terhadap ormas-ormas yang ada. Kemudian tiba-tiba akan melakukan pembubaran dan baru anggarannya dimunculkan sekarang. Ini akan tidak positif ya di masyarakat sebab kesannya pembubaran itu proyek yang ada anggarannya,” kata Hidayat.

Dalam rapat dengan Badan Anggaran DPR RI kemarin, Menko Polhukam, Wiranto menyebutkan, bahwa untuk membubarkan ormas-ormas anti-Pancasila dibutuhkan biaya sebesar Rp 5 miliar dan Wiranto meminta anggaran tersebut dimasukkan dalam RAPBN 2018.

"Itu usulan. Untuk sosialisasinya, rapat-rapat, perjalanan dinasnya. Kita bukan membiayai ormasnya, tetapi untuk biaya pembubaran-pembubaran itu. Kita nggak tahu ke depan berapa (jumlah ormas tersebut)," kata Menko Polhukam, Wiranto di Gedung DPR RI, Jakarta, Kamis (8/6/2017).

Politik