Politik

Paulus Waterpauw melamar ke PDIP jadi bakal calon gubernur Papua

7.8K
DILIHAT
/
0
SHARE
/
14:29
13 JUN 2017
Dok. Inspektur Jenderal Polisi Paulus Waterpauw
Editor
Dhuha Hardiansyah
Sumber
Antara

Rimanews - Inspektur Jenderal Polisi Paulus Waterpauw bersama tim relawan di Kota Jayapura menyerahkan berkas pendaftaran bakal calon gubernur ke DPD PDI Perjuangan Provinsi Papua, Selasa (13/06/2017) siang.

Waterpauw pernah menjadi kepala Polda Papua. Saat menyerahkan berkas, dia diterima Sekretaris DPP PDI Perjuangan, Calvin Mansembra, dan Wakil Ketua Bidang Partai PDI Perjuangan, Ignasius Hasyim, di sekretariat partai politik itu, di Distrik Abepura, Kota Jayapura.

"Pada 2018 nanti, Pilkada digelar di tujuh kabupaten dan satu provinsi, banyak pihak yang sudah mulai ancang-ancang dan PDIP juga sudah buka pendaftaran secara resmi sejak 1 Juni hingga 30 Juni 2017, dan dibagi menjadi dua tahap, tahap pertama pengambilan formulir pada 1-10 Juni, dan tahap kedua pengembalian formulir pada 11-30 Juni 2017," kata Mansnembra.

"Kami terbuka bagi siapa saja, tentunya dengan ketentuan dan syarat yang berlaku," kata Calvin.

Sementara itu, Hasyim menyampaikan selamat datang kepada Waterpauw bersama tim relawan yang akan mengembalikan formulir pendaftaran sebagai bakal calon gubernur. 

"Pertama-tama kami sampaikan selamat datang, dan ini suati kehormatan luar biasa bagi kami, Pak Paulus Waterpauw bisa datang ke sini. Apa yang dilakukan beberapa hari lalu dan hari ini, adalah proses, kami tetap menerima penjaringan para bakal calon, namun pada akhirnya DPP yang akan tentukan pilihan," katanya.

Ignasius juga menyampaikan DPD PDI Perjuangan Papua juga akan melakukan pemetaan-pemetaan khusus bagi para bakal calon gubernur, agar menjadi pertimbangan bagi pengurus pusat sebelum lakukan ke tahapan selanjutnya.

"Soal berkas yang belum dilengkapi akan kami sampaikan jika ada kekurangan. Untuk itu, kami perlukan seorang penghubung yang ada nomor telepon selulernya, agar koordinasinya lancar," kata Hasyim.

Pada kesempatan itu, Waterpauw yang masih menjadi kepala Polda Sumatera Utara menyampaikan ucapan teima kasih karena pengurus Partai PDI Perjuangan Papua bisa menerima kedatangannya bersama tim relawan.

"Terima kasih banyak, para pengurus sudah luangkan waktu bagi kami. Saya dan tim relawan datang untuk setor (unjuk) muka, karena selama ini kenal hanya sebatas teman atau saudara dan resmi hari ini masuk ke PDI Perjuangan," kata dia.

"Kebetulan kemeja yang saya pakai sebenarnya sudah memberikan warna (warna merah)," kata Waterpauw, diiringi derai tawa pengurus PDI Perjuangan dan awak media.

Saat berpangkat komisaris polisi pada masa-masa reformasi, Waterpauw pernah menjadi kepala Polsek Menteng, Jakarta Pusat. Wilayah operasinya saat itu meliputi Jalan Cendana dan Jalan Teuku Umar. Di Jalan Teuku Umar inilah terletak rumah pribadi Megawati Soekarnoputri, yang ketua umum DPP PDI Perjuangan itu.

Politik