Politik

Cak Imin: Pasar modern mendegradasi pedagang tradisional

7.1K
DILIHAT
/
0
SHARE
/
17:23
21 JUN 2017
Dok. Cak Imin
Reporter
Ahmad Alfi Dimyati
Sumber
Rimanews

Rimanews - Ketua Umum DPP PKB, Muhaimin Iskandar, menyerukan kader partainya untuk mengawal amanah kiai sepuh yang menjadi panutan umat untuk berperan aktif dalam mendorong keadilan sosial di masyarakat. Salah satunya caranya dengan meminta pemerintah membatasi pasar modern karena dianggap menyingkirkan pasar tradisional.

Hal tersebut disampaikan Muhaimin (Cak Imin) saat bersilaturahmi bersama ulama dan tokoh masyarakat Bogor. Menurut Cak Imin yang didampingi Sekjen DPW PKB Jawa Barat Syaiful Huda, PKB terus merumuskan kebijakan untuk  mendorong pemerintah, dan menggalang kekuatan bersama rakyat untuk menghadapi kemiskinan dan ketidak adilan sosial.

"Kita juga saat ini terlibat dalam advokasi nelayan dan petani serta kami juga meminta pemerintah untuk memoratorium pasar modern yang kian hari tambah akut dan secera tidak langsung mendegradasikan (Menyingkirkan) para pedagang tradisional," ujarnya.

Memperjuangkan kepentingan pedagang tradisional, menurut Cak Imin, merupakan bentuk jihad untuk mewujudkan kesejahteraan rakyat sebagai mana didengungkan dalam pancasila tentang keadilan sosial bagi masyarakat. "Ini jihad yang harus kita wujudkan bersama," tuturnya.

Sebagai parpol yang tunduk dan mengikuti arahan kiai dan ilama, PKB akan mewujudkan kesejahteraan rakyat dan keadilan sosial merupakan perintah jihad, bukan hanya untuk kader PKB dan NU saja, tapi juga untuk kepentingan seluruh rakyat dan bangsa Indonesia.  

"Kita harus wujudkan Indonesia yang adil, sejahtera, dan kuat dalam persaudaraan secara bersama-sama dengan seluruh kekuatan masyarakat," ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Cak Imin juga menyampaikan bahwa radikalisme dan terorisme yang telah merongrong keutuhan bangsa dan negara bisa tumbuh di kalangan masyarakat lantaran disebabkan karena Kemiskinan, Ketimpangan kesejahteraan dan ketidakadilan sosial.

Atas perintah Kiai Sepuh itu, Cak Imin kembali mengajak semua masyarakat untuk terlibat mengatasi dan mencegah bibit - bibit radikalisme dan terorisme dengan berbagai upaya yang bisa dilakukan oleh masyatakat

"Bersama segenap kekuatan NU menyatukan umat dan seluruh elemen masyarakat mengatasi dan melawan segala bentuk radikalisme dan terorisme," ujarnya.

Cak Imin menegaskan perlu ada langkah kongkret agar masyarakat tidak terlibat dalam gerakan radikalisme dan terorisme di seluruh Indonesia. Apalagi, Islam mengajarkan kehidupan yang damai dan saling hormat menghormati. Karena dalam ajarannya, Islam mengajarkan sifat yang konstruktif atau membangun.

Selain itu islam juga menghargai dan menghormati perbedaan serta sangat kental dengan humanisme.

KATA KUNCI : , , , ,
Terbaru
Politik