Politik

Syarief: SBY-Prabowo bertemu untuk bahas masalah rakyat

4.3K
DILIHAT
/
0
SHARE
/
17:44
27 JUL 2017
Prabowo Subianto (kiri) dan Susilo Bambang Yudhoyono
Reporter
Zul Sikumbang
Sumber
Rimanews

Rimanews - Wakil Ketua Umum Partai Demokrat Syarief Hasan mengatakan, pertemuan antara Susilo Bambang Yudhoyono dan Prabowo Subianto di Cikeas malam ini adalah untuk membahas masalah rakyat.

Syarief menambahkan, banyak hal yang akan dibicarakan oleh kedua tokoh tersebut. Misalnya, masalah ekonomi yang mandek, kemiskinan meningkat, daya beli masyarakat menurun, politik, pertahanan, keamanan hingga hubungan luar negeri.

"Kita sekarang menyamakan visi dan misi bagaimana membangun bangsa ke depan lebih bagus. Yang jelas, ini untuk kepentingn rakyat," kata Syarief di Gedung DPR, Jakarta, Kamis (27/07/2017).

Lebih lanjut, Syarief membantah anggapan bahwa pertemuan ini dilakukan untuk menghasilkan koalisi dalam menghadapi pemilihan presiden dan wakil presiden 2019.

"Terlalu dini membicarakan masalah pasangan Capres," katanya.

Namun, dia mengatakan, peluang untuk berkoalisi dengan siapapun selalu ada dan terbuka. Partai berlambang bintang mercy ini juga tidak menutup diri.

"Yang penting ada kebersamaan," ujarnya.

Selain itu, SBY dan Prabowo juga dikabarkan akan membahas UU Pemilu yang belum lama disahkan dan dianggap sebagai momentum yang mempersatukan Demokrat dan Gerindra. Keduanya sama-sama melakukan aksi walk out dalam rapat paripurna dengan agenda pengesahan RUU Pemilu pada 21 Juli lalu, yang menetapkan presidential treshold di angka 20 persen, sebagai bentuk penolakan.

Dengan presidential treshold 20 persen, hampir dipastikan tidak ada partai yang dapat mencalonkan kadernya untuk maju dalam pemilihan presiden 2019 tanpa berkoalisi. Bahkan PDIP yang menjadi pemenang dalam Pemilu 2014 hanya meraih 18,95 persen suara, sementara Gerindra yang berada di posisi dua mendapatkan 14,17 persen dukungan dan Demokrat 10,19 persen.

KATA KUNCI : , , , , ,
Politik