Sepakbola

Timnas U-19 Kalah 3-2 Atas Myanmar di Piala AFF

2.7K
DILIHAT
/
0
SHARE
/
21:13
12 SEP 2016
Dok: Timnas U-19
Editor
Sumber
Rimanews

Rimanews - Timnas Indonesia U-19 harus mengakui keunggulan Myanmar usai kalah 3-2  di ajang Piala AFF.

Secara mengejutkan tim garuda gagal untuk mempersembahkan kemenangan dalam laga perdana mereka yang berlangsung di Stadion Vietnam Youth Training Centre, Hanoi, Senin (12/09/2016).

Babak pertama sebenarnya anak-anak asuh Eduward Tjong tampil menyerang, namun tim lawan juga melakukan hal yang sebaliknya. Timnas berhasil mengancam lini pertahanan Myanmar melalui tendangan kencang mendatar yang dilesakkan oleh Satria Wardana di kotak penalti, tetapi Sann Sat Naing, kiper Myanmar bisa menangkapnya dengan pas.

Timnas harus kebobolan lebih dahulu pada menit ke 11 melalui pemain lawan yang bernama Aung Kaung Mann lewat tendangan tumitnya setelah menerima umpan sepak pojok. Myanmar unggul lebih dahulu, 1-0 untuk tim lawan.

Gol tadi mematik semangat anak-anak Timnas U-19, mereka mencoba bangkit. Usaha berbuah bagus, lewat aksi dari Pandi Lestaluhu, Indonesia berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1.

Tempo pertandingan meningkat setelah kedudukan skor imbang, kedua tim semakin bermain terbuka dan menyerang. Sungguh disayangkan, Eduward Tjong harus kehilangan pemainnya akibat cedera. Riyandi yang berposisi sebagai kiper terkena benturan setelah berduel dengan salah satu pemain lawan. Akhirnya Satria Tama menggantikan posisinya.

Tim lawan terus aktif menyerang, bahkan pasukan yang diarsiteki oleh Myo Hlaing Win itu bisa kembali unggul di menit ke 27, melalui kaki Zwe Thet Paing yang menyambut umpan dari pencetak gol sebelumnya (Aung Kaung Mann). Skor sementara pada babak pertama menjadi 2-1 untuk keunggulan Myanmar.

Garuda Muda bukan tanpa usaha, segala cara mereka lakukan untuk membuka ruang rapat barisan pertahanan Myanmar. Salah satunyanya usaha yang dilakukan Asnawi Mangkualam lewat tendangan bebas, sayangnya masih melambung diatas mistar gawang. Pandi Lestaluhu juga melakukan usahanya dengan tendangan kaki kiri dia, namun masih bisa diselamatkan oleh kiper lawan.

Gol Indonesia baru tercipta lagi pada menit ke 44. Adalah Sandi Pratama yang berhasil menyambar bola liar yang ada di depan gawang Myanmar. Skor 2-2 bertahan hingga babak pertama berakhir.

Memasuki babak kedua, Indonesia U-19 mengambil inisiatif serangan lebih dulu. Peluang emas didapatkan Dimas Drajad di depan gawang Myanmar U-19, namun kali ini tendangannya bisa diantisipasi Sann Sat Naing.

Petaka diterima Garuda Muda, penjaga gawang pengganti (Satria Tama) tidak bisa menangkap bola dengan sempurna hasil tendangan jarak jauh Shwe Ko pada menit ke 55. Myanmar kembali unggul 3-2.

Skor 3-2 bertahan hingga pluit panjang dibunyikan oleh wasit. Dengan hasil ini, Indonesia ada di posisi paling bawah Grup B karena kalah dengan kebobolan tiga gol. Sementara itu, Myanmar ada di posisi pertama dengan koleksi tiga angka.

Di pertandingan Grup B lainnya, Thailand sukses memetik kemenangan atas Laos dengan skor akhir 2-1. Indonesia akan kembali bermain tanggal 14 September 2016 melawan Thailand pukul 19:00 WIB

Terbaru
Sepakbola