Sepakbola

Kuota pemain asing di Liga 1 ditambah

3.3K
DILIHAT
/
0
SHARE
/
09:12
17 MAR 2017
Reporter
Andika Pratama
Sumber
Antara

Rimanews - Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) memutuskan untuk menambah kuota pemain asing dari tiga menjadi empat. Selain itu, PSSI juga meminta semua klub Liga 1 memiliki cadangan pemain U-23 di luar tim agar bisa langsung menggantikan posisi pesepak bola U-23 yang dipanggil ke timnas

Ketua Umum PSSI Letnan Jenderal TNI, Edy Rahmayadi,  ingin agar setiap tim masih berada di jalur aturan Liga 1 mengenai pemain U-23, yaitu mengontrak sedikit-dikitnya lima pesepak bola U-23 dan memainkan minimal tiga di antaranya dalam pertandingan, walau ada beberapa pemain yang absen karena harus pemusatan latihan bersama timnas.

"Jadi kalau ada pemain U-23 dipanggil timnas, klub harus langsung mencari penggantinya," ujar Edy di Jakarta

Salah satu klub yang beberapa pemain U-23nya dipanggil tim nasional adalah Arema FC. Di skuad timnas asuhan pelatih Luis Milla, ada tiga pemain Arema FC yaitu Bagas Adi Nugroho, Hanif Sjahbandi dan Nasir.

Jika rencana timnas melakukan TC selama beberapa waktu, diantaranya di Eropa, selama periode Maret sampai April, Arema bisa kehilangan tiga pilarnya itu ketika Liga 1 mulai bergulir.

"Karena itulah kami mau mencari pemain pengganti. Nanti selama di timnas, gaji mereka dibayar oleh PSSI, sementara kontrak di klub tidak berubah," kata Manajer Arema FC, Rudi Widodo.

PSSI memang menerapkan beberapa aturan yang belum pernah diterapkan di liga teratas Indonesia sebelumnya, di Liga 1 tahun 2017.

Regulasi tersebut yaitu setiap klub hanya boleh mengontrak maksimal tiga pemain asing, di mana dua merupakan pemain non-Asia dan satu pemain Asia atau disebut aturan dua plus satu.

Namun, klub bisa memiliki empat pemain asing kalau bisa mendatangkan pesepak bola ternama atau disebut "marquee player".

Syarat "marquee player" yang ditetapkan PSSI adalah umur harus di bawah 35 tahun, pernah bermain setidaknya di tiga putaran Piala Dunia terakhir (untuk hal ini pada tahun 2006, 2010 dan 2014) dan bebas dari negara mana saja. 

Salah satu "marquee player" yang sudah mengonfirmasi kepastian bermain di Liga 1 adalah Michael Essien, pesepak bola asal Ghana dan pernah bermain untuk Real Madrid, Chelsea dan AC Milan, yang telah dikontrak Persib Bandung.

Kemudian, setiap klub diharuskan mengontrak sedikit-dikitnya lima pemain dengan umur di bawah 23 tahun (U-23) dan wajib memainkan paling sedikit tiga orang pada setiap laga dengan total durasi sedikit-dikitnya 45 menit.

Terbaru
Sepakbola