Sepakbola

Cerita Lilipaly tentang timnas Indonesia, Bepe, dan makanan favoritnya

6.4K
DILIHAT
/
0
SHARE
/
13:32
05 JUN 2017
Reporter
Andika Pratama
Sumber
Rimanews

Rimanews - Timnas Indonesia kembali menjadi perbincangan hangat pada tahun 2016 ketika secara mengejutkan lolos ke final Piala AFF 2016. Padahal, skuat Garuda baru terbentuk dan PSSI terlepas dari sanksi FIFA selama kurang lebih dua tahun.

Stefano Lilipaly merupakan salah satu bintang timnas Indonesia. Pesepakbola naturalisasi asal Belanda itu menyumbangkan dua gol selama turnamen. Ia pun bercerita panjang lebar tentang timnas, Bambang Pamungkas, serta makanan favoritnya.

Berikut wawancara AFC dengan Lilipaly.

T: Pertama, bagaimana kehidupan di Belanda sejak Anda terakhir kembali di Indonesia?

Musim ini benar-benar bagus karena kami (SC Cambuur) menempati posisi kedua klasemen, meski kami tidak berhasil mencapai puncak klasemen karena kami kalah di semifinal play-off. Kami sampai di semifinal Piala Belanda juga namun kalah adu penalti melawan AZ Alkmaar. Tapi kami mengalahkan Ajax dan Utrecht (bekas klub Lilipaly) jadi kami melakukannya dengan sangat baik. Saya menyumbangkan sembilan assist dan delapan gol.

T: Indonesia sampai di final Kejuaraan AFF 2016, apa kenangan Anda akan kompetisi itu?

Kami menempatkan Indonesia kembali pada peta persaingan. Kami memulai dari awal dengan tim baru dan semua orang mengira kami adalah tim underdog dan bahkan tidak akan lolos dari babak penyisihan grup. Pada akhirnya kami sampai di final, sayangnya kami tidak menang, tapi saya pikir kami mengejutkan semua orang.

T: Apa tanggapa Anda dengan gol kemenangan saat melawan Singapura di pertandingan terakhir grup?

Bagi saya itu adalah momen yang sangat istimewa karena ini adalah gol pertama saya untuk tim nasional dan ini adalah salah satu gol terpenting di turnamen ini. Jika saya tidak mencetak gol maka kami tidak akan melakukan semifinal.

T: Bagaimana Anda menilai permainan Indonesia dibandingkan dengan tim Asia Tenggara lainnya?

Saya pikir di turnamen kami sangat bagus dalam beberapa pertandingan tapi di lain pihak kami melihat kami harus terus berkembang. Jika Anda bermain melawan tim seperti Thailand, Anda bisa melihat mereka beberapa langkah di depan kami. Tapi banyak yang harus dilakukan dengan fakta bahwa mereka memiliki liga yang benar-benar terorganisir dengan baik. Kalau kita punya liga yang bagus, Anda akan melihat kami jauh lebih baik.

T: Apakah kompetisi merupakan langkah besar dalam pengembangan tim?

Ya, saya kira begitu. Setelah turnamen, saya melihat mereka (PSSI) ingin melakukan hal yang baik dengan liga Indonesia, jadi saya pikir itu bagus untuk sepak bola Indonesia. Anda melihat orang-orang seperti Essien bergabung klub (Persib), jadi ini adalah awal yang bagus. Saya tidak tahu apakah itu pilihan terbaik untuk memperbaiki liga, tapi itu adalah sesuatu dan saya pikir dengan lebih banyak orang asing, liga akan lebih baik. Mungkin akan meyakinkan klub untuk memperbaiki fasilitas dan menjadi lebih profesional.

T: Apakah Anda akan bermain di Indonesia suatu hari nanti?

Ya tentu saja. Pertama saya ingin fokus di Eropa dan mencapai level tertinggi. Tapi setelah tiga tahun saya bisa kembali ke Asia karena pada akhirnya saya ingin pensiun di indonesia. Dukungan dan suasananya luar biasa.

T: Apa target selanjutnya bagi timnas?

Ada dua target, timnas U-22 akan berlaga di dua turnamen besar yakni SEA Games 2017 dan Asian Games 2018. Timnas U-22 akan dibantu lima pemain senior dan saya adalah salah satunya. Mungkin saya akan diikutkan dalam skuat untuk Asian Games. Saya tidak bisa membayangkan betapa gilanya itu.

T: Bambang Pamungkas adalah salah satu legenda sepakbola terbesar di Indonesia. Seberapa dekat Anda dengan dia?

Kami bermain bersama di Persija Jakarta dan dia adalah legenda. Bagi setiap pemain Indonesia dia adalah idola; Dia bermain untuk tim nasional untuk waktu yang lama dan mencetak banyak gol penting. Dia orang yang sangat baik dan selalu membantu anak muda, jadi dia sangat penting bagi Indonesia. Dia juga bekerja di media.

T: Alfred Riedl mengundurkan diri sebagai pelatih tim nasional dan Luis Milla telah masuk. Apa pendapat Anda tentang pelatih baru itu?

Saya terkejut Riedl pensiun tapi dia sudah lama menjadi pelatih dengan banyak tim dan negara. Sudah waktunya timnas punya pelatih baru dan Luis Milla layak untuk melatih. Dia punya nama besar karena pernah bermain di tim besar dan melatih timnas Spanyol U-19 dan U-20. Saya sudah banyak bertanya kepada orang-orang di Indonesia tentang dia dan semuanya berkomentar positif.

T: Apa yang Anda temukan saat bermain untuk Indonesia?

Dukungannya. Suasana itu adalah sesuatu yang hanya Anda dapatkan di Indonesia. Anda tidak akan melihat dukungan seperti itu di Eropa, saat Indonesia memainkan seluruh masyarakat menontonnya.

T: Siapa pemain yang paling lucu di skuat?

Dari turnamen terakhir di Piala AFF, ada Ferdinand Sinaga, Rizky Pora dan Zulham Zamrun (tertawa). Mereka semuanya gila. mereka selalu membuat Anda tertawa, terutama Ferdinand, dia bisa membuat lelucon segalanya. Dia sangat lucu.

T: Selain sepakbola, apa yang kamu sukai dari negara ini?

Saya suka segalanya, terutama masyarakatnya. Bahkan, jika mereka selalu positif dan tidak pernah berprasangkan buruk rasanya sangat bagus. Pasalnya, di Eropa orang mengeluh.

T: Apa makanan favorit Anda saat bergabung dengan tim nasional?

Aku tetap sederhana, Nasi Goreng adalah favoritku.

T: Akhirnya, istrimu akan melahirkan anakmu. Apakah dia akan menjadi Stefano Lilipaly berikutnya?

Kuharap dia adalah Stefano Lilipaly berikutnya tapi saya berharap dia lebih baik dan lebih baik dari pada ayahnya.

Sepakbola