Sepakbola

Aksi invasi Bobotoh ke lapangan berbuah hukuman berat

8.5K
DILIHAT
/
0
SHARE
/
11:31
17 JUN 2017
Reporter
Andika Pratama
Sumber
Rimanews

Rimanews - Aksi invasi Bobotoh ke dalam lapangan berbuah hukuman berat untuk Persib Bandung. Perilaku kampungan suporter tersebut mencoreng persepakbolaan Indonesia.

Insiden memalukan tersebut terjadi saat Persib menghadapi Bhayangkara FC di Stadion Patriot, 4 Juni 2017. Kala itu, sejumlah Bobotoh turun ke lapangan dan mendatangi pemain Maung Bandung untuk meminta pertanggung jawaban atas hasil buruk dalam beberapa laga Liga 1

Bahkan, pelatih Djadjang Nurdjaman sempat menyatakan untuk mengundurkan diri dari kursi kepelatihan Persib. Tetapi, permohonan tersebut ditolak oleh pengelola Persib yakni PT PBB.

Tindakan yang dilakukan oleh Bobotoh akhirnya mendapatkan sanksi berat dari Komisi Disiplin (Komdis) PSSI. Pihak Komdis memberikan dua hukuman sekaligus.

Pertama, suporter Persib dilarang memakai atribut seperti syal, atau bendera yang berhubungan dengan Persib masuk ke dalam stadion sebanyak tiga kali.

Hukuman serupa pernah dialami oleh Aremania pada Indonesia Super League (ISL) 2008. Sanksi tersebut dijatuhkan karena suporter Arema melakukan kerusuhan. Hasilnya, para suporter memakai kaus hitam.

Sanksi kedua, Persib diwajibkan membayar denda Rp 45 juta. Denda itu merupakan yang terbesar yang dikeluarkan oleh Komdis PSSI.

"Hukuman dijatuhkan karena terbukti supporter Persib Bandung masuk ke dalam lapangan dan membakar flare pada pertandingan Bhayangkara FC melawan Persib Bandung," demikian pengumuman Komdis PSSI.

Pada sidang Komdis di Hotel Alana, Ruangan Abimanyu, Yogyakarta, juga menjatuhkan sanksi kepada Panitia Pelaksana pertandingan Bhayangkara FC dikenakan sanksi denda Rp 15 juta karena penonton masuk ke dalam lapangan pada pertandingan Bhayangkara FC melawan Persib Bandung.

Persib bisa kembali mendapatkan sanksi lagi dari Komdis setelah Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil, mendatangi ruang ganti saat jeda pertandingan melawan Persiba di Stadion Bandung Lautan Api pada 11 Juni lalu.

Sesuai dengan regulasi Liga 1 di Bab IV yang membahas Prosedur Pertandingan bahwa Kepala Daerah hanya boleh masuk ketika pertandingan sudah selesai.

Terbaru
26 Juli 2017 | 12:48
Pro Duta FC mundur dari Liga 2
26 Juli 2017 | 08:53
Ronaldo diminta bantu Palestina
22 Juli 2017 | 21:57
Barito Putera 2-2 Madura United
22 Juli 2017 | 08:04
Persija siap tempur lawan Persib
Sepakbola