Sepakbola

Juara di Vietnam, timnas U-16 diingatkan tak terlena

9.8K
DILIHAT
/
0
SHARE
/
12:12
19 JUN 2017
Reporter
Andika Pratama
Sumber
Rimanews

Rimanews - Timnas Indonesia U-16 diingatkan agar tak terlena usai menjuarai turnamen U-15 International Football Tournament – Tien Phong Plastic Cup 2017, Vietnam.

Pelatih timnas U-16, Fakhri Husaini, timnya bisa keluar menjadi juara usai mengalahkan Cina Taipei dengan skor luar biasa, 11-0 dalam pertandingan yang digelar di Stadion San Van Dong Hoa Xuan, Vietnam, Minggu (18/6/2017).

"Alhamdulillah kami bisa juara di Vietnam. Hasil positif ini adalah berkat kerjasama dan kerja keras official, tim pelatih dan seluruh pemain," kata Fakhri dikutip laman resmi PSSI.

Eks gelandang timnas era 90-an ini juga bangga dengan semangat pantang menyerah, tidak kenal takut yang sudah diperlihatkan pemain selama ini.

Selain keluar sebagai juara di turnamen tersebut, Garuda Asia juga merebut tiga gelar lainnya. Namun menurut Fakhri, tugas mereka belum selesai dia juga tidak ingin orang-orang didalam timnya itu terlena.

“Pencapaian lain kami dalam turnamen ini selain menjadi juara adalah meraih Fair Play Award, Top Skor (Rendy Juliansyah, 7 gol) dan Best Player (Hamsa Lestaluhu, yang tampil menawan sepanjang turnamen). Itu semua saya harapkan tidak membuat kami terlena, karena tugas kami belum selesai, tugas yang lebih berat di AFF Cup serta Kualifikasi AFC sudah menunggu kami pada bulan Juli dan September."

Namun baginya, mengikuti turnamen ini merupakan suatu pengalaman yang bisa diambil banyak pelajarannya. Evaluasi tentunya masih harus dilakukan dia, tentu ada catatan penting juga yang perli diperbaiki.

“Pengalaman mengikuti turnamen di Vietnam ini memberikan banyak sekali pelajaran, baik kepada individu pemain maupun kepada timnas secara keseluruhan. Evaluasi akan segera kami lakukan, karena ada beberapa catatan penting yg perlu kami perbaiki,” tuturnya.

Tidak lupa, pelatih yang sukses menjadi pemain timnas Indonesia era 90’an itu juga mengucapkan banyak terima kasih kepada masyarakat pecinta bola, staf pelatih, ofisial dan pemain yang tidak ikut ke Vietnam atas doa dan dukungannya selama ini.

"Terima kasih saya ucapkan kepada masyarakat pecinta sepakbola Indonesia yang telah mendukung serta mendoakan kami selama ini. Untuk staf pelatih, ofisial dan pemain yang tidak berangkat ke Vietnam, saat ini berada di Cijantung, doa mereka juga punya andil atas keberhasilan kami,” tutup Fakhri.

Usai turnamen ini, timnas U-16 ini tahun ini akan ikut Piala AFF U-15 yang dilaksanakan tanggal 9 hingga 22 Juli 2017 tergabung di Grup A bersama Australia, Thailand, Laos, Myanmar dan Singapura.

Ada pula kualifikasi Piala Asia U-16 2017 berada di Grup G yang akan berlangsung 16-24 September 2017 mendatang.

Timnas U-16 rencananya akan pulang dan tiba di tanah air, Senin (19/6/2017) pukul 13.00 WIB dengan menggunakan pesawat Vietnam Airlines melalui terminal 2D Bandara Udara Soekarno Hatta, Tangerang.

Sepakbola