Otomotif

GM klaim bakal jadi pabrikan pertama jual mobil listrik harga terjangkau

2K
DILIHAT
/
0
SHARE
/
15:49
02 MEI 2017
Dok. General Motors.
Editor
Abdullatif Assalam
Sumber
Antara

Rimanews - Raksasa otomotif Amerika Serikat, General Motors (GM), mengklaim akan menjadi pabrikan pertama yang menjual mobil listrik dengan harga terjangkau, menurut keterangan petinggi perusahaan.

“Kami tahu pelanggan ingin mengendarai mobil listrik, tetapi enggan menguras kocek, dan oleh karena itu kami bakal menjadi perusahaan pertama yang menjual mobil listrik terjangkau bagi masyarakat dan menguntungkan (perusahaan),” ujar Mark Reuss, wakil presiden eksekutif bidang pengembangan produk GM, kemarin, dikutip dari Antaranews.

Reuss yakin, GM dapat menjadi perusahaan otomotif pertama yang meraup keuntungan dari penjualan mobil listrik. Itu karena, lanjut dia, GM menjadi yang terdepan dalam memangkas biaya mobil listrik sehingga dapat menawarkan kendaraan dengan harga terjangkau.

Para teknisi otomotif telah lama berusaha mengurangi bobot kendaraan dan meningkatkan efisiensi baterai karena tidak dibutuhkan banyak daya untuk menggerakkan kendaraan dengan bobot yang lebih ringan, ujar Reuss. 

“Itu merupakan mantra dalam pengembangan produk. Para teknisi kami berusaha mewujudkan hal tersebut,” ujarnya kepada awak media, dikutip dari Antaranews

GM kini meningkatkan produksi mobil listrik, terutama di Cina. Di negara tersebut, perusahaan itu berencana meluncurkan 10 model mobil listrik hingga 2020 dan memangkas biaya sel baterai. 

GM akan segera meluncurkan mobil listrik plug-in yang terinspirasi dari sedan mewah Cadillac CT6, dan berbagai mobil listrik Buick yang menyerupai Chevrolet Volt.

Pabrikan mobil lain seperti BMW, Mercedes-Benz, PSA, Volkswagen, Ford dan Tesla berjanji akan mengeluarkan kendaraan listrik tambahan termasuk Tesla Model 3 pada Juli mendatang, menarget kelas menengah, demikian sebagaimana dikutip dari AFP.

Terbaru
Otomotif