Software

2018, seluruh Indonesia tersambung internet

4.3K
DILIHAT
/
0
SHARE
/
22:16
08 FEB 2017
Reporter
Ahmad
Sumber
Rimanews

Rimanews - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara, mengatakan bahwa pembangunan jaringan infrastruktur telekomunikasi serat optik, yang akan menghubungkan seluruh wilayah Indonesia dalam jaringan internet akan selesai pada 2018 mendatang.

"Ketika seluruh pembangunan infrastrukturnya selesai, maka masyarakat di seluruh Indonesia akan terhubung secara internet hanya melalui telepon pintar," kata Rudiantara seperti dikutip setkab.go.id hari ini.

Survei yang dilakukan oleh Asosiasi Penyelenggara Jaringan Internet Indonesia (APJII) mengungkap bahwa lebih dari setengah penduduk Indonesia kini telah terhubung ke internet.

Survei yang dilakukan sepanjang 2016 itu menemukan bahwa 132,7 juta orang Indonesia telah terhubung ke internet. Adapun total penduduk Indonesia sendiri sebanyak 256,2 juta orang.

Internet asing perlu diatur

Sementara itu, pengusaha jaringan Media Nusantara Citra (MNC) Hary Tanoesoedibjo yang juga tampil sebagai pembicara dalam konvensi tersebut mengingatkan, perlunya pembatasan yang sangat ketat terhadap internet asing yang beroperasi di Indonesia.

Hary menilai, kehadirian jaringan internet asing di tanah air memberikan ancaman yang sangat serius, tidak hanya dari sisi ekonomi, tetapi juga dari sisi sosial, budaya, dan lain-lainnya.

"Internet asing mengancam stabilitas nasional. Dari sisi sosial, internet asing juga telah mengubah budaya bangsa. Ini harus diatur regulasinya. Negara harus hadir melindungi kepentingan nasional," kata Hary.

Terbaru
Software